Daffa Net

Membantu Anda Yang Sedang Bingung
Home » » Sejarah Android

Sejarah Android

Posted by AYOO..!! BERBAGI on Rabu, 22 Maret 2017

 Sejarah Android
Android merupakan sebuah system operasi telepon seluler dan komputer tablet yang berbasis Linux.
Namun pada perkembangannya, Android berubah menjadi platform yang begitu cepat dalam melakukan inovasi. Hal ini tidak lepas dari andil besar dari pengembang raksasa dibelakangnya, yakni Google. Dengan mengakusisi Android, Google membuatkan sebuah platform.
Platform Android terdiri dari system operasi Linux, GUI (Graphic User Interface), Web Browser dan Aplikasi End User yang dapat di download dan juga dapat di kembangkan dengan leluasa oleh para pengebang untuk menciptakan aplikasi yang terbaik dan terbuka untuk digunakan oleh berbagai perangkat.

           SEJARAHANDROID

Pada awalnya, Android Inc merupakan sebuah perusahaan software kecil yang didirikan pada bulan Oktober 2003 di Palo Alto, California, USA. Didirikan oleh beberapa senior di beberapa perusahaan yang berbasis IT dan Communication, diantaranya Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sear dan Chris White. Menurut Rubin, Android Inc didirikan untuk mewujudkan mobile device yang lebih peka terhadap lokasi dan preferensi pemiliknya.
Konsep yang dimiliki Android Inc ternyata menggugah minat Google untuk memilikinya. Pada bulan Agustus 2005, akhirnya Android Inc diakuisisi oleh Google Inc dengan membeli seluruh sahamnya. Diperkirakan pembelian Android Inc oleh Google sebesar USD 50 Juta. Pada saai itu banyak yang berspekulasi bahwa pembelian itu merupakan langkah awal Google untuk masuk ke pasar mobile phone.
Para pendirinya tetap di Android inc yang dibeli Google, sehingga merupa semua menjadi bagian dari raksasa Google dan sejara Android. Saat itulah mereka mulai menggunakan platform Linux untuk membuat system operasi bagi mobile phone.
Saat ini terdapat dua jenis distributor system operasi ini di dunia, yang pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google yakni Google Mail Service (GMS) dan yang kedua adalah yang benar-benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung dari Google yang lebih dikenal dengan Open Handset Distribution (OHD).
System operasi ini membuka pintu untuk pada developer untuk mengembangkan software dengan Android SDK (Software Development Kit), yang menyediakan tool dan API yang dibutuhkan untuk memulai mengembangkan aplikasi pada platform Android menggunakan bahasa pemrograman Java.
Hal ini membuka kesempatan bagi para pengemar open source untuk ikut terjun mengembangkan system operasi Android. Kemudian mulai bermunculan komunitas yang membangun dan berbagi system Android berbasis firmware dengan sejumlah penyesuaian dan fitur-fitur tambahan, seperti FLAC lossless audio dan kemampuan untuk menyimpan download aplikasi pada microSD card. Mereka sering memperbaharui paket-paket firmware dan menggabungkan elemen-elemen fungsi Android yang belum resmi diluncurkan dalam suatu firmware.
Pada bulan September 2007, Google mulai mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler. Disusul dengan dikenalkannya perangkat seluler Android yang pertama pada tahun 2008, yaitu HTC Dream. Perangkat ini menggunakan system operasi Android versi 1.0




Hadirnya HTC Dream telah mendorong perusahaan-perusahaan perangkat keras lainnya untuk ikut menggunakan sistem operasi Android. Kemudian pada tahun 2008 terdapat beberapa perusahaan yang ikut bergabung dalam android Arm Holdings, yaitu Atheros Communications diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc.
Saat ini, sistem operasi Android menjadi pilihan yang menguntungkan bagi banyak vendor smartphone, karena memiliki biaya liensi yang lebih murah dan sifatnya yang semi-open source. Selain itu, Android tentunya juga akan support dengan berbagai layanan dari Google.
Samsung menjadi vendor Android yang paling sukses setelah memperkenalkan handset Androidnya yang diberi nama Samsung Galaxy. Lihat gambar :
Dengan dukungan berbagai vendor smartphone, saat ini Android telah berhasil menumbangkan Apple sebagai sistem operasi palinbanyak digunakan. Android kini telah menguasai penjualan 59% penjualan smartphone dan tablet di dunia.

Udahan dulu kita ngebahas Sejarah Android, selajutnya akan kita bahas Perkembangan Android dari masa ke masa..

Selamat Menikmati.

Thanks for reading & sharing AYOO..!! BERBAGI

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Like on Facebook